Tiga Puluh Tujuh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Ditargetkan Wisuda Desember 2021

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris – Tiga puluh tujuh mahasiswa Program studi Pendidikan bahasa Inggris yang baru saja selesai ujian skripsi menyelenggarakan Acara Ramah Tamah, Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Dosen-dosen turut diundangan dalam acara tersebut. Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Naniek Jusnita, S.Pd., M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan “Seluruh mahasiswa yang mengikuti berbagai proses mulai dari proses perkuliahan sampai pada menulis tugas akhir tentu tidak muda”. Sebab hal tersebut membutuhkan waktu dan tenaga serta biaya untuk sampai pada tahap ini.

Hal itu diperkuat oleh Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP UNKHAIR, Saiful Latif, S.Pd., M.Hum, bahwa mahasiswa yang menulis tugas akhir tentu akan melewati proses yang berliku liku dan tidak mudah. Namun dengan bimbingan dan arahan dari dosen pembimbing dan keuletan dari mahasiswa itu sendiri dalam menulis sehingga tugasnya dapat diselesaikan dalam waktu yang ditargetkan.

Dalam proses menulis tugas akhir harus ada kerjasama antara dosen pembimbing dan mahasiswa, Sebab dosen pembimbing dan mahasiswa kadang mempunyai kesibukan masing masing.  Dosen misalnya, selain membimbing, dosen juga melaksanakan tridarma perguruan tinggi yaitu meneliti, mengajar, pengabdian, dan penunjang lainya sehinggga harus membagi waktunya dengan mahasiswa yang dibimbingannya. Disinilah mahasiswa yang menulis tugas akhir butuh keuletan dan kesabaran untuk membuat jadwal bimbingan dengan dosen dan tetap semangat dalam mengikuti prosesnya. Kesabaran dan keuletan tersebut akan berbuah manis.

Sebagai contoh, hari ini 17 november 2021, ada 37 mahasiswa telah selesai ujian skripsi. Hal ini menunjukan kerja keras mereka selama mengikuti proses penyelesaian tugas akhir mereka. Dua diantara mereka menyelesaikan studinya kurang dari 4 tahun yaitu Jusman A. Sahmal dan Saskia Attamimi.

Jusman A. Sahmal adalah mahasiswa yang dikenal oleh teman-temannya baik, cerdas dan ulet, ia juga menjabat sebagai ketua English Students Association (ESA) di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Mahasiswa dengan sapaan akrabnya Jusman ini senang membaca sehingga ia ingin memilih judul penelitian tugas akhirnya dengan Judul: “Students’ Reading Comprehension in Reading English Textbook at The English Language Education Study Program of Khairun University”.

Dalam menulis tugas akhirnya, ia dimbing oleh Dr. Drs. Sutaryo, M.Ed TESOL, M.Ed sebagai pembimbing Utama dan Naniek Jusnita S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing pendanpaing”, yang diuji oleh Dr. Ade Ismail, M.Pd, Roswita M. Aboe, S.Pd., MA,  dan Drs. Taib Latif, M.Hum. Jusman A. Sahmal dengan IPK teringgi dari teman-temannya yaitu 3.99 ini akan menjadi kandidat lulusan terbaik di wisuda Universitas Khairun yang direncakan bulan Desember 2021 Nanti.

Selain itu, Saskia Attamimi adalah mahasiswa kedua yang lebih cepat menyelesaikan studinya dari waktu normal, 3 tahun 2 bulan. Ketika ditemui dalam acarah ramah tersebut, Ia menuturkan bahwa ia merasa terharu dan tidak menyangka bahwa ia akan lulus lebih cepat. Ia menambahkan bahwa walaupun keduanya orang tua sudah meninggal namun ia tidak patah semangat untuk menyelesai studi dengan cepat. Salah satu motivasiya adalah untuk meringankan beban kakanya yang turut membiayai studinya. Mahasiswa yang biasa dipanggil Saskia ini dalam menulis tugas akhirnya dibimbing oleh Silvani umar, S.Pd.,M.Hum dan Naniek Jusnita S.Pd., M.Pd. Judul yang ditulis oleh Saskia yaitu “Students’ perspective and experiences in online learning of speaking at english language education study program khairun university”.

“Saya sebagai Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mewakili dosen-dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris meminta maaf jika dalam menulis tugas akhir terdapat coretan coretan dari dosen Pembimbing atau nasihat dari dosen-dosen dengan nada tinggi, tapi itulah prosess, karena dosen pembimbing juga manusia dan harus melaksanakan tridarma Perguruan tinggi, Kami melakukan itu demi kebaikan kalian”.

Kesan Pesan oleh dosen-dosen kepada mahasiswa yang diwakili oleh Dr. Ali Ajam S.Pd, M.Pd, menuturkan “Nilai yang ada dikampus aka berbeda dengan yang ada di masyarakat, Sikap dan karakter andalah yang akan menjadi penentu di kalangan masyarakat. Lakukan yang terbaik dan jagalah Almamater Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun”. (admt)

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *