Khairun Debating Competition Tingkat Universitas Tahun 2021

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Ketua Panitia dalam sambutanya yang diwakilkan oleh Indry Widyasty Anwar, S.Pd., MA   “Tujuan paling utama dari pelaksanaan kegiatan khairun debating competition 2021 adalah agar mahasiswa mempraktikkan serta mengasah skill menggunakan Bahasa inggris dalam berbagai konteks yang terangkum dalam topik topik debat yang berbeda. Tema yang diangkat dalam debat kali ini adalah Speak up! Be confident, be critical.

“Kompetisi debat Bahasa inggris yang telah secara rutin dilaksanakan oleh program studi pendidikan Bahasa inggris, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dari berbagai aspek. Melalui kompetisi debat, khususnya dengan media Bahasa inggris, diharapkan setiap peserta bisa mengasah kemampuan berbicara di depan publik, melatih kemampuan berpikir kritis, meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan berkomunikasi, mengolah informasi, mampu menanggapi isu dan permasalahan dari berbagai perspektif, serta menumbuhkan sikap keterbukaan”. Tuturnya

Hal ini menunjukan bahwa penting sekali untuk terus dilaksanakan kompetisi debat yang serupa di masa yang akan datang untuk mencetak lebih banyak generasi unggul yang bertanggung jawab serta tanggap terhadap isu apapun. beberap tahapan yang dilakukan oleh Panitia sebagai berikut:

  1. Khairun debating competition 2021 mulai membuka pendaftaran pada 1 november dan ditutup pada 15 november 2021. Kompetisi ini dilaksanakan pada tingkat universitas dengan jumlah pendaftar sebanyak 12 tim. Dimana satu tim terdiri atas dua pendebat, sehingga total pendaftar yaitu sebanyak 24 mahasiswa.
  2. Selanjutnya panitia melaksanakan technical meeting dengan seluruh peserta pada tanggal 16 november bertempat di ruang kelas, Kampus I Unkhair. Technical meeting dilaksanakan untuk memberi informasi mengenai aturan aturan berdebat dengan sistem british parliamentary, serta memberi pemahaman mengenai teknik teknik dasar dalam berdebat. Technical meeting diikuti oleh seluruh peserta yang mendaftar.
  3. Peserta berasal dari dua universitas yaitu universitas khairun dan universitas Muhammadiyah maluku utara. Para peserta yang mendaftar tersebar dari berbagai program studi, diantaranya program studi pendidikan Bahasa inggris, program studi sastra inggris, program studi Teknik informatika, program studi Teknik sipil, dan pendidikan kedokteran.
  4. Kompetisi akan dibagi dalam tiga babak, yaitu preliminary round atau babak penyisihan, semifinal round dan final round. Penjurian akan dilakukan dengan berpedoman pada sistem penjurian atau adjudication system oleh DIKTI pada kompetisi NUDCTerlaksananya kegiatan hari ini tidak terlepas dari hasil dari kerjasama serta dukungan dari seluruh pihak yang terlibat. Untuk itu kami menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia serta pendukung yang telah bekerja keras dalam mewujudkan kompetisi ini. Juga kami haturkan terima aksih kepada seluruh mahasiswa yang telah menunjukkan antusiasme yang tinggi. Kami berharap teman teman bisa mendapat banyak manfaat dan pengalaman melalui kompetisi debat Bahasa inggris ini.Melalui kompetisi debat ini, kami juga berharap bisa menemukan potensi potensi baru, yang kemudian akan kami rangkul untuk dilatih menuju persiapan seleksi internal NUDC mewakili unkhair pada tingkat nasional. Silakan menampilkan yang terbaik hari ini.Demikian yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, lebih dan kurangnya kami memohon maaf. Dan teruntuk seluruh pendebat yg sudah siap berkompetisi hari ini, kami ucapkan selamat bertanding, semoga sukses, dan yang paling penting let’s have a fun and fair tournament. Selanjutnya kami memohon kesediaan kepada bapak dekan FKIP untuk dapat memberikan sambutan serta membuka kegiatan khairun debating competition 2021. (Admin)

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *