PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DAN PUBLIKASI PADA JURNAL NASIONAL DAN INTERNASIONAL

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris – Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Khairun menyelenggarakan “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Nasional dan Internatioanl” (20/11/2021) dengan Narasumber: Prof. Dr. Baso Jabu, M. Hum (Wakil Direktur II PPs Universitas Negeri Makassar/Dosen Pascasarjana S3 Pendidikan Bahasa Inggris UNM, sekaligus Assesor BAN. PT). Dalam kegiatian tersebut dihadiri oleh dosen-dosen Pendidikan bahasa inggris dan Mahasiswa bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univerditas Khairun. Semestara yang memandu kegiatan ini adalah Abdulhalim Daud, S.Pd., M.Pd. (Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unkhair). Kegiatan dilaksanakan secara LURING dan DARIING .

Ketua Penitia, Saiful Latif, S.Pd., M.Hum, dalam sambutan mengatakan bahwa “kegiatan  Pelatihan Penulisan Artikel  Ilmiah yang diselenggrakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris secara rutin di setiap tahunnya dengan harapan bahwa kegiatan ini dapat mendorang dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris untuk meningkatkan publikasi ilmiah di  jurnal nasional maupun jurnal Internasinal”.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, Dr. Abdulrasyid Tolangara, S.Pd., M.Si, diudang untuk menghadiri acara tersebut sekaligus membuka kegiatan tersebut secara resmi.  Dr. Abdulrasyid Tolangara, S.Pd., M.Si, menyampaikan  “terima kasih kepada Prof  Dr. Baso Jabu, M. Hum. yang sudah meluangkan waktunya untuk memberi materi  di kegiatan “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Nasional dan Internatioanl“, walaupun kita tahu bahwa Prof  Dr. Baso Jabu, M. Hum. menjabat sebagai (Wakil Direktur II PPs Universitas Negeri Makassar/Dosen Pascasarjana S3 Pendidikan Bahasa Inggris UNM, sekaligus Assesor BAN. PT) sudah tentu mempunyai banyak kesibukan”.

Prof. Dr. Baso Jabu, M. Hum dalam pemaparan materinya, Prof. memulai dengan memaparkan legal standing  bahwa seorang dosen wajib publikasi ilmiah sebagai berikut:

  • Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dalam pasal 12 ayat (2) dan (3) disebutkan bahwa dosen sebagai ilmuwan mempunyai tugas mengembangkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi melalui penalaran ilmiah dan meneliti serta menyebarluaskannya. Dosen juga wajib melakukan publikasi ilmiah sebagai sumber belajar.
  • Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 20 Tahun 2017 tentang Tunjangan Profesi Dosen dan Tunjangan Kehormatan Guru Besar mewajibkan dosen yang memiliki jabatan akademik Lektor Kepala dan Guru Besar untuk mempublikasikan karya ilmiah
  • Persyaratan publikasi ilmiah bagi dosen yang memiliki jabatan akademik Asisten Ahli dan Lektor telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2013 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kredit. Dalam Permen PAN & RB, dosen yang ingin memperoleh jabatan akademik Asisten Ahli, atau kenaikan pangkat dari Asisten Ahli menjadi Lektor, atau dari Lektor Kepala harus memiliki publikasi ilmiah.

Selanjutnya, Prof. Dr. Baso Jabu, M. Hum  mengatakan bahwa dalam menulis karya ilmiah dan membulikasikannya perlu memilih jurnal yang tepat untuk membulikan tulisan kita, beberapa tingkatan jurnal sebagai berikut: National Journal, Accredited National Journal, International Journal dan Reputable International Journal. Dalam pemaparan meteri Prof, mengatakan bahwa Why do we need to publish our work? setidak ada empat alasan yaitu Pertma, Academic Career (Rank and Position), Kedua,  Establish a name and Reputation (also good for University): Self Advertisement (from research and citation topics), ketiga,  Knowledge dissemination, and yang Keempat, Inviting collaboration with other researchers dan Masih banyak lagi hal yang berkaitan dengan penulisan artikel ilmiah dan publikasi pada jurnal nasional maupun Internasioanl. (admin)

 

 

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *