Prodi Pendidikan Bahasa Inggris – Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun mulai mengimplementasikan kurikulum Meredeka  belajar. Ada 9 program kurikulum Merdeka Belajar yang dirancang oleh Program Pendidikan Bahasa Inggris.  Namun Program studi Pendidikan Bahasa Inggris memulai dengan ssistensi mengajar. Hal ini  ditandai dengan  Penandatanganan Memorandum of Agreement  (MoA) oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan beberapa sekolah di Kota Ternate dan Pelepasan mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti program Merdeka Kampus Merdaka.

Terselenggaranya program MBKM asistensi mengajar, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris kerjasama dengan beberapa sekolah, diataranya adalah SMA Negeri 4 Kota Ternate, SMA Negeri 8 Kotan Ternate, SMA Negeri 5 Kota Ternate,  SMP Negeri 1 Kota Ternate, SMP Negeri 2 Kota Ternate, MTs Negeri 1 Kota Ternate dan MTs Darul Falah Kota Ternate,11 November 2021 . Kerja sama tersebut disambut baik oleh pihak sekolah. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pihak sekolah akan kerja sama untuk melaksanakan kegiatan MBKM.

Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Naniek Jusnita dalam sambutanya meyampaikan bahwa “Mahasiswa yang terpilih mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) akan belajar banyak hal mengenai proses belajar mengjar di lingkungan sekolah, Mulai tahap persiapan proses belajar mengajar sampai pada evaluasi. Kegiatan mahasiswa tersebut akan dikonversi ke satuan kredit semester (SKS) masing-masing mahasiswa”.